Jakarta, Master News –  Presiden RI Jokowi (Jokowi) resmi melantik Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau yang biasa dipanggil Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang baru pada Senin (3/4) petang ini di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Dito menggantikan posisi Menpora yang semula dijabat Zainudin Amali yang sebelumnya mengundurkan diri dari Menpora dan menjadi Wakil Ketua Umum PSSI.

Pelantikan Dito sebagai Menpora itu berdasarkan Keppres Nomor 26/P/2023 tentang Pengangkatan Menpora Kabinet Indonesia Maju.

“Bersedia,” jawab Dito saat ditanya Jokowi soal kesiapannya menjadi Menpora dan diambil sumpah sesuai agamanya.

“Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Dito mengikuti sumpah jabatan yang dibacakan Jokowi.

Dito adalah pria kelahiran Jakarta, 25 September 1990. Ia merupakan satu dari tiga nama anak muda yang diajukan Partai Golkar untuk menjadi Menpora menggantikan Zainudin Amali.

Karier politiknya bersama Golkar, Dito diketahui pernah menjabat Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022.

Selain itu, Dito memiliki sejumlah pengalaman di bidang olahraga. Ia menjabat Chef de Mission Kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina. Dito juga pernah mengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta.

Kader Partai Golkar itu juga menduduki posisi Chairman Rans Nusantara FC, klub sepak bola peserta Liga 1 2022/2023. Dito pun ikut mengurus Rans PIK Basketball.

Biodata:

Nama : Ario Bimo Nandito Ariotedjo 

Kelahiran : Jakarta/ 25 September 1990 (32 tahun)

Karier : 

– Chairman Rans Nusantara FC

– Tim Ahli Menko Perekonomian

–  Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022

–  Chef de Mission Kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina

–  Pungurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta