Jakarta, Master News – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) menyelenggarakan Rapat Kerja Nasionas (Rakernas) tahun 2023 di Golden Ballroom Hotel Sultan, Senayan Jakarta. Kegiatan ini rencananya digelar selama dua hari, yakni tanggal 12-13 Maret 2023. 

Ketua Umum KONI Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman mengatakan bahwa Rakernas kali ini mengambil tema “Sinergitas dan Soliditas Para Pemangku Kepentingan Olahraga Pengantar Atlet  Menjadi Juara”. 

“Kami memilih tema ini karena memang sangat sesuai dengan semangat penerapan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan. Bahwa kita semua sebagai pembina olahraga baik dari unsur legislatif, eksekutif maupun masyarakat hendaknya mampu mewujudkan sebuah sinergitas dan soliditas dalam melakukan pembinaan prestasi sesuai dengan tugas dan kewenangannya masing-masing,” kata Marciano dalam sambutanya pada acara pembukaan Rakernas kali ini. 

Menurutnya, disamping berupaya semaksimal mungkin menjabarkan kebijakan pemerintah tentang olahraga yang dikeluarkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, KONI juga berupaya semaksimal mungkin bekerjasama dengan semua pihak yang ada di Indonesia ini termasuk perguruan tinggi. 

“KONI Pusat menjalin kerjasama dengan beberapa universitas yang juga mereka peduli kepada peningkatan pembinaan olahraga prestasi,” katanya. 

Saat ini, KONI Pusat sudah bekerja sama dengan Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Terbuka. Selain itu, KONI-KONI Provinsi juga sudah bekerjasama dengan perguruan tinggi yang ada di wilayahnya masing-masing seperti KONI Jawa Timur bekerjasama dengan Unesa dan KONI Jawa Tengah dengan Unnes dan juga KONI Jawa Barat dengan UPI Bandung. 

Selain itu, kata dia, KONI juga bekerja sama dengan lembaga pendidikan swasta seperti London School. 

“Kita bekerjasama untuk pelatihan para atlet dan  pengurus untuk bisa tampil dengan baik pada saat mereka harus menjadi juru bicara dari daerah maupun mewakili atlet pada saat mereka bisa mendapatkan prestasi yang baik,” jelasnya. 

Dia pun meminta dukungan semua pihak untuk KONI yang saat ini tengah mempersiapkan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 di Aceh-Sumatera Utara pada 2024. 

‘Kita memang bertekad bersama untuk menjadikan pohon ke-21 Aceh-Sumatera Utara ini juga semakin hari semakin berkualitas, dalam arti yang muncul adalah hasil binaan dari KONI Provinsi masing-masing bersama dengan cabang olahraga,” harapnya. 

Terakhir, katanya, Rapat Kerja Nasional akan melakukan beberapa evaluasi terhadap kegiatan-kegiatan yang sudah kita lakukan dan juga kita akan persiapkan untuk ke depan banyak hal yang perlu kita lakukan bersama. 

“Oleh karena itu, sekali lagi saya mengajak sesuai dengan tema kita ini. Maka kita harus saling melengkapi, harus saling memperkuat satu sama lain. Sehingga Indonesia semakin hari semakin berjaya karena prestasi atlet-atletnya,” pungkasnya. 

Hadir dalam acara ini antara lain Staf Ahli Bidang Hubungan Pusat dan Daerah Kemenpora, Dwijayanto Sarosa Putera, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPD RI AA Lanyalla Mahmud Mattalitti, para pimpinan cabang olahraga, Ketua KONI se-Indonesia, dan para Kadispora.(ded)