Master News – Memulai karirnya pada tahun 2019 dengan single debut ‘Wahai Tuan’, Tiara Effendy akhirnya kembali untuk merilis single terbarunya yang berjudul ‘Sama Rata’. Tak sendiri, kali ini Tiara dibantu oleh Pika Iskandar selaku direktur dari Loop Music Indonesia sebagai penulis dan pembuat lagunya. 

‘Sama Rata’ bercerita tentang seorang perempuan yang lelah karena selalu dibandingkan dengan masa lalu kekasihnya. Inspirasi tersebut didapat oleh Pika ketika sedang berbagi pengalaman dengan orang-orang di sekitarnya. 

“Di lagu Sama Rata, ceritanya sang pria selalu membanding-bandingkan perempuannya dengan para mantannya, bukan hanya dari fisik tapi juga kebiasaan, dan sifat. Akhirnya, wanita ini sedikit gerah karena selalu dibandingkan dengan masa lalunya,” Ujar Pika Iskandar. 

Selama pembuatan ‘Sama Rata’ tentu ada beberapa tantangan yang dialami oleh Tiara Effendy, salah satunya adalah badan yang kurang sehat saat proses perekaman lagu tersebut. Meskipun begitu, ia merasa bahwa hal tersebut dapat dihadapi dengan bantuan orang-orang di sekitarnya. Salah satunya dengan bantuan dari Bowo Soulmate selaku Vocal Director yang membantu Tiara untuk menyiasati agar vokalnya tidak terlalu bindeng dan nafas tidak terdengar pendek.

“Tantangan selama recording adalah, waktu itu aku lagi nggak enak badan. Batuk, dan suaraku jadi cukup bindeng. Karena sakit, secara teknik vokal nafasku jadi bener-bener pendek. Itu sih kendala terbesarku waktu recording. Bersyukur, aku banyak dibantu sama Mas Bowo yang mengakali biar suaraku nggak bindeng dan nafas nggak pendek-pendek. Alhamdulillah bisa teratasi, dan mudah-mudahan hasilnya bisa maksimal ” Ucap Tiara. 

Ketika berada dalam proses rekaman, Tiara juga merasa bahwa lagu Sama Rata adalah lagu yang cukup ear catching dan membuatnya terus bernyanyi meskipun rekaman telah berakhir. 

“Pertama kali denger aku suka banget sama reffnya. Melodinya bagus banget, dan sampe pulang ke rumah pun masih tetep aku nyanyiin lagunya,” 

Selain itu, proses rekaman lagu ‘Sama Rata’ tentu juga jadi pengalaman yang menarik untuk Tiara Effendy karena ini pertama kalinya ia bekerja sama dengan tim Loop Music Indonesia selaku label yang menaungi dirinya. 

“Proses yang menarik ketika rekaman adalah, ini pengalaman pertama aku recording dengan teman-teman dari Loop. Cara mereka memperlakukan aku hari itu bikin aku nyaman untuk rekaman. Suasananya hangat, temen-temen disana pun juga support banget hingga aku akhirnya bisa menampilkan lagunya secara maksimal.” Ujar Tiara 

Tiara merasa sangat senang karena selama setahun hiatus untuk merilis lagu, ‘SamaRata’ akhirnya dapat dirilis dan menjadi sebuah awal baru yang luar biasa pada tahun ini. 

“Harapanku, tentunya agar semua yang dengerin bisa suka dengan lagunya dan semakin banyak yang relate dengan lagu ‘Sama Rata’. Untuk para perempuan, semoga setelah mendengar lagunya bisa lebih berani untuk menyuarakan perasaan sedih ketika dibanding-bandingkan.” Tutur Tiara Effendy 

Dirilis melalui Loop Music, single ‘Sama Rata’ dari Tiara Effendy sudah dapat didengarkandi seluruh platform musik favorit kalian mulai tanggal 9 Januari 2023. Semoga lagu terbarudari Tiara Effendy dapat diterima dan menjadi bagian dari playlist teman-teman semua.