Bandung, Master News – Polisi yang bertugas mengamankan laga tunda Persib versus Persija dipastikan tidak dibekali senjata api maupun gas air mata. Polisi akan menggunakan pendekatan humanis dalam laga yang bakal digelar di stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Plt, Wakapolrestabes Bandung, AKBP Asep Pujiyono mengatakan bahwa pertandingan klasik Persib versus Persija bakal digelar pada Rabu 11 Agustus 2022.

Pengamanan laga Persib vs Persija tanpa senjata api dan gas air mata itu mengacu pada Peraturan Kapolri (Perkap) nomor 10 tahun 2022.

“Kita juga mengikuti Perkap nomor 10 tahun 2022, kita melaksanakan aturan yang harus kita laksanakan dimana personil tidak diperbolehkan membawa senjata apa atau gas air mata,” kaya Asep di Mapolrestabes Bandung, jalan Jawa Kota Bandung, Kamis 5 Januari 2022.

Asep mengungkapkan, aka ada sistem pengamanan berlapis dalam laga Persib vs Persija di GBLA. Setidaknya ada 4 ring pengamanan dalam laga klasik tersebut.

“Gas air mata tidak ada yang ke dalam, baik ring satu maupun dua, itu tidak ada,” tegasnya.

Penjagaan berlapis yang dilakukan polisi juga difungsikan untuk menyaring penonton yang akan masuk ke stadion GBLA. Penonton tanpa tiket hingga pendukung Persija Jakarta dilarang masuk ke GBLA.

“Sementara waktu itu tidak ada penonton dari jak mania,” pungkasnya.

Sebelumnya, sebanyak 4000 petugas gabungan, TNI-POLRI hingga instansi terkait bakal disiapkan untuk pengamanan laga tunda Persib versus Persija. Laga tunda Persib versus Persija bakal digelar di stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Plt Wakapolrestabes Bandung, AKBP Asep Pujiyono mengatakan bahwa laga Persib vs Persija bakal digelar pada Rabu 11 Januari 2022.

“Pertandingan Persib Bandung vs Persija direncakan pada tanggal 11. Pengamanan dari TNI Polri dan instansi terkait sekitar 4000 untuk pelaksanaan kegiatan pengamanan,” kata Asep di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa Kota Bandung, Kamis 5 Januari 2022.

Asep mengungkapkan, pertandingan Persib versus Persija dipastikan dapat dihadiri oleh Bobotoh. Setidaknya, ada 4 ring pengamanan untuk memastikan tidak ada suporter tanpa tiket hingga suporter dari Persija yang masuk ke stadion.

“Persiapan TNI POLRI dan instansi terkait nanti masih sama seperti sebelumnya, yaitu ada ring 4 3 2 dan 1, jadi memang untuk sementara waktu tidak ada penonton dari jak mania,” ungkapnya.

Asep menambahkan, laga Persib vs Persija Jakarta akan dimulai pukul 16.30 wib.

“Dengan jadwal yang sudah ada, pengajuan dari PSSI adalah 16.30 wib, Namun kita lihat apakah tetap menggunakan waktu 16.30 atau lebih awal, kita masih nunggu keputusan pimpinan,” tambahnya.***