MasterNews – Menpora RI mengapresiasi tinggi bagaimana keberhasilan yang dilakukan oleh Budi Gunawan dalam upayanya untuk bisa terus memajukan olahraga Nasional hingga ke kancah internasional.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali memberikan apresiasi tinggi kepada upaya luar biasa yang telah dilakukan oleh Budi Gunawan.

Menurutnya, peresmian Persatuan Olahraga Badan Intelijen Negara (PORBIN) jelas mampu membuat BIN juga semakin berkembang.

“Saya sebagai Menpora RI sekali lagi berterima kasih dan mengapresiasi upaya yang luar biasa dari Bapak Kepala BIN Bapak Jendral Polisi (Purn) Prof. DR. Budi Gunawan, Ph. D, yang membuat BIN semakin berkembang dan mempunyai pandangan kedepan,” kata Menpora Amali.

Bahkan sejauh ini, baginya, memang peranan dari Badan Intelijen Negara (BIN) sejak era kepemimpinan Budi Gunawan sangat membantu Kemenpora.

“Saya kira saya merasa terbantu dengan peran dari BIN, bukan hanya memberikan kesempatan kepada para atlet, tetapi menjamin masa depan mereka juga,” tutur Zainudin Amali.

Dengan adanya bantuan dan juga jaminan yang diberikan oleh BIN kepada seluruh atlet, maka mereka bisa terus fokus untuk meraih prestasi.

“Dengan demikian itu atlet akan tetap fokus dan tetap berkonsentrasi untuk meraih prestasinya yang masih mungkin tercapai. Dan tidak terganggu dengan pikiran-pikiran masa depannya karena BIN telah memberikan jaminan untuk masa depan mereka,” jelas Menpora Amali.

Menpora RI berusia 60 tahun tersebut bahkan juga merasa terkejut dengan bagaimana upaya pihak BIN dalam mendidik para atlet demi kemajuan dunia olahraga Nasional.

“Saya mengapresiasi luar biasa. Yang saya saksikan pada pagi hingga siang hari ini adalah sesuatu yang diluar dugaan saya. Saya tadinya hanya berfikir bahwa Badan Intelijen hanya mendidik anak-anak untuk memiliki pengetahuan, wawasan intelijen, tetapi ternyata luar biasa yang saya saksikan,” ucapnya.

Pasalnya, dengan pendidikan yang luar biasa tersebut, memungkinkan para atlet Indonesia untuk terus berprestasi di bidang olahraga namun di sisi lain juga berprestasi di bidang akademik.

“Saya kira ini merupakan satu hal yang positif dan sangat baik, bahkan kepada mereka tetap diberikan keleluasaan untuk berprestasi di bidang olahraga tetapi juga secara akademik mereka tetap diberi kesempatan untuk memperluas wawasan dan mengaktualisasikan kemampuan akademiknya di dalam STIN ini,” lanjut Menpora Amali.

Sementara itu, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) sekaligus Ketua Umum Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Jend Pol (Purn) Budi Gunawan sendiri menyatakan bahwa memang pembentukan PORBIN ditujukan untuk terus meningkatkan prestasi para atlet.

“Untuk dapat terus meningkatkan prestasinya di tingkat nasional, sebagai salah satu bentuk kontribusi atlet kami membentuk Persatuan Olahraga BIN, yang terdiri dalam 8 cabang olahraga,” ujarnya.

Dengan tujuan terus mengembangkan ekosistem keolahragaan Nasional, dirinya mewadahi seluruh atlet bertalenta dan berpotensi untuk terus dikembangkan.

“Kita menggalang potensi atlet dan pelatih terbaik di tingkat nasional untuk terlibat menciptakan ekosistem pengembangan olahraga prestasi di BIN sehingga potensi talenta-talenta terbaik di lembaga ini bisa dikembangkan, terutama di kalangan taruna-taruni STIN,” kata Budi Gunawan.

Tentunya dengan hal tersebut, menurutnya peluang sangat besar mampu dimiliki oleh Indonesia untuk bertanding di kancah internasional.

“Alhamdulillah, kita melihat peluang besar untuk turut mengharumkan nama Bangsa di kancah internasional melalui jalur olahraga ini,” imbuh Kepala BIN tersebut.