Jakarta, MasterNews – Mewakili Wakil Presiden, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali secara resmi membuka Seminar Nasional dan Talkshow Olahraga yang diselenggarakan Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FHUI) di Ballroom Kridangga, Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta.

“Pertama-tama saya ingin menyampaikan permohonan maaf dari Bapak Wakil Presiden yang sedianya beliau yang diundang hadir, tetapi semalam beliau memberikan pelimpahan tugas kepada saya sekaligus mewakili beliau hadir,” kata Menpora Amali mewakili Wapres, Rabu (7/12).

“Salam hangat dari Bapak Wakil Presiden kepada panitia dan para peserta seminar ini,” ujar Menpora Amali menambahkan.
 
Seminar olahraga dan talkshow yang membahas mengenai Jaminan Perlindungan Atlet Demi Kesinambungan Prestasi dan Industri Olahraga Nasional ini juga dilaksanakan secara daring.

Menpora Amali menyampaikan, dirinya sangat senang dan bangga, FHUI telah berkomitmen dan konsen terhadap perkembangan keolahragaan tanah air.

“Saya senang dan bahagia karena FHUI telah konsen terhadap urusan olahraga. Apalagi dengan hadirnya Yayasan Advokasi Keolahragaan Indonesia (YAKIN) ini,” papar Menpora Amali.

“Biasanya pembahasan tentang olahraga ini muncul dari fakultas keolahragaan tetapi ini saya agak surprise dan sekaligus saya senang dan bangga karena muncul dari komunitas ilmu hukum,” tambahnya.

“Dengan senantiasa mengharapkan ridho Allah Tuhan YME, atas nama Wakil Presiden Republik Indonesia Bapak Ma’ruf Amin, dengan bacaan basmallah dengan resmi saya membuka seminar ini. Terima kasih atas perhatian dan mohon maaf jika ada yang kurang berkenan dihati bapak ibu sekalian,” pungkas Menpora Amali.

Sebelumnya, Ketua ILUNI FHUI Rapin Mudiardjo menyampaikan, acara seminar dan talkshow olahraga ini diselenggarakan sebagai suatu pijakan agar prestasi olahraga nasional semakin lebih cerah.

“Keolahragaan menjadi satu perhatian dari ILUNI FHUI. Terbitnya UU No.11 tahun 2022 tentang Keolahragaan menjadi angin segar bagi bangsa dan dunia olahraga nasional,” tutur Rapin.

“Sejatinya keberadaan UU ini dapat merekonstruksi gagasan dan respon keresahan stakeholders khususnya para pelaku olahraga,” tambahnya pada talkshow yang menghadirkan narasumber seperti Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Direktur IBL Junas Miradiarsyah, CEO Club PSIM Yogyakarta Bima Sinung serta CEO APPI M. Hardika Aji ini.

Nampak hadir dalam acara ini antara lain, Komite Eksekutif NOC Rafiq Hakim Radinal, Ketua Komisi Sport Development NOC Jovinis Carolus Legawa, Wakil Dekan FHUI Parulian Aritonang, Manager PT Pertamina Patra Niaga Dedi Kurniawan. (ben)