Jakarta, MasterNews – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Prof. Dr. Zainudin Amali, S.E, M.Si menjadi penguji eksternal ujian akhir disertasi program doktor pada Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta. Adapun mahasiswa yang diuji ada Didik Wardaya.

Menpora Prof. Dr. Zainudin Amali, S.E, M.Si menguji secara virtual dari Kemenpora, Jakarta, Jumat (2/12). Kegiatan dibuka Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., AIFO. 

Disertasi yang diangkat Didik Wardaya adalah ‘Pengembangan Model Perencanaan Anggaran Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (Rencang Esemka) di DIY’. Menpora Prof. Dr. Zainudin Amali, S.E, M.Si memberikan apresiasi disertasi yang diangkat oleh Didik Wardaya. 

“Selamat kepada pak Didik Wardaya yang sudah sampai pada titik sekarang ini. Tentu ini tidak gampang. Sangat luar biasa semangatnya,” kata Menpora Prof. Dr. Zainudin Amali, S.E, M.Si. 

Dalam kesempatan ini, Didik Wardaya menjelaskan tentang tujuan dari penelitian yang dilakukannya. Di menerangkan, penelitian dilaksanakan untuk mengetahui model perencanaan anggaran SMK Negeri di DIY yang berjalan selama ini.

Kemudian, kata dia adalah untuk bisa menemukan kelemahan-kelemahan perencanaan anggaran SMK Negeri di DIY selama ini. Serta juga menemukan model pengembangan perencanaan anggaran SMK Negeri di DIY. 

“Lalu juga untuk mengetahui kelayakan dan kepraktikan model perencanaan anggaran SMK Negeri di DIY,” jelas Didik. 

Didik juga menerangkan latar belakang dari disertasi yang diajukannya itu. Dia bilang berdasarkan data sekunder dan wawancara dengan Pejabat Sekretariat Dinas Dikpora DIY pada 5 Agustus 2018 terdapt beberapa permasalahan yang ada. 

“Terdapat permasalahan dalam hal penganggaran SMK berhubungan dengan dana bersumber dari pemerintah berakibat penyerapan anggaran APBD rendah, kinerja anggaran sekolah rendah, dan iuran sekolah masih tinggi,” tuturnya. 

Setelah menjalani serangkaian proses kegiatan, Didik Wardaya akhirnya mendapatkan gelar doktor tersebut. Dia mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.(jef/fau)