Jakarta, MasterNews – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyatakan kompetisi sepak bola di Tanah Air sangat diperlukan untuk pembentukan tim nasional yang tangguh. Sebab Timnas Indonesia akan mengikuti Piala AFF 2022 dan Piala Dunia U-20 2023. 

Demikian disampaikan Menpora Amali usai memimpin rapat koordinasi lintas sektor yang membahas tentang perkembangan sepak bola nasional di Auditorium Wisma Kemenpora, Senin (28/11). Pembentukan Timnas Indonesia yang tangguh juga didukung dari seluruh perwakilan klub Liga 1.

“Komitmen dari klub terhadap terbentuknya tim nasional sangat jelas. Harus ada atmosfer kompetisi yang bisa mengasah kemampuan tim nasional ini,” kata Menpora Amali. 

Menpora Amali bilang para pemain yang mengisi skuat Garuda sangat membutuhkan kompetisi. Mereka butuh atmosfer bertanding untuk terus mengasah kemampuannya.

“Tapi kita tahu persis kalau hanya latihan saja itu tidak cukup. . Dibutuhkan adanya kompetisi,” jelas Menpora Amali.

Seperti diketahui, kompetisi sepak bola di Tanah Air terhenti buntut dari tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada 1 Oktober 2022. Saat ini pembahasan kelanjutan sepak bola masih terus bergulir. Kepastian gelaran kompetisi harus melewati satu kali rapat koordinasi.(jef)