Padang, MasterNews – Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Ganefri menilai Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVII menjadi simbol kebangkitan olahraga di Sumatera Barat. Hal ini dibuktikan atas prestasi tim tuan rumah yang berhasil menembus peringkat lima besar. 

“Terlaksananya POMNAS di Padang adalah simbol kebangkitan olahraga di Sumatera Barat. Kami siap berkontribusi untuk kemajuan olahraga,” kata Rektor Ganefri dalam sambutannya pada acara penutupan POMNAS 2022 di Auditorium Universitas Negeri Padang, Sabtu (27/11). 

Rektor Ganefri bilang seluruh atlet dari 34 provinsi yang bertanding dalam ajang ini sudah menunjukkan kemampuan terbaiknya. Dia juga mengapresiasi sikap sportivitas yang ditonjolkan dari seluruh kontingen yang hadir.

“Kepada seluruh atlet, ofisial dan lainnya, kami menyampaikan terima kasih dan semoga berkesan selama disini. Seluruh atlet yang bertarung di arena pertandingan sudah memperlihatkan daya juangnya. Semua mengejar impian untuk menang dan berprestasi,” terangnya.

Untuk diketahui, kampus UNP merupakan salah satu lokasi tempat penyelenggaraan pertandingan pada ajang POMNAS 2022. Selain itu ada juga Kampus Akademi Teknologi Industri Padang dan Universitas Andalas.

Ajang ini berlangsung selama 10 hari, digelar mulai 17-26 November. Adapun event POMNAS mempertandingkan 14 cabang olahraga, diantaranya: atletik, bola basket, bola voli, futsal, pencak silat, petanque, tarung derajat, tenis, renang, sepak takraw, taekwondo, karate, bulu tangkis dan panjat tebing.

DKI Jakarta keluar sebagai juara pertama setelah memperoleh 49 medali emas, 33 perak, 33 perunggu. Sedangkan tuan rumah Sumatera Barat menempati peringkat lima sesuai target mereka dengan meraih 14 emas, 8 perak, dan 14 perunggu. 

POMNAS di Sumatera Barat berlangsung dengan sukses dan lancar. Selanjutnya, ajang ini akan berlangsung pada tahun 2023. Adapun tuan rumah pelaksanaan selanjutnya yakni Kalimantan Selatan.(jef)