Tidore, MasterNews – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali, mendorong masyarakat dan pemerintah provinsi serta pemerintah kota Tidore menciptakan pertumbuhan baru di sektor pariwisata melalui pelaksanaan Sail Tidore XII Tahun 2022.

Hal itu Menpora Amali sampaikan saat membuka rangkaian acara Sail Tidore yang dipusatkan di pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara. Menpora Amali menjadi menteri pertama yang hadir pada pelaksanaan Sail Tidore XII tahun 2022 ini.

“Pemerintah pusat mendorong agar ada upaya-upaya untuk menciptakan pertumbuhan-pertumbuhan baru termasuk sektor pariwisata, karena itu tidak suistanable,” kata Menpora Amali, Kamis (24/11) malam.

“Saya harap ini bisa dijaga dan berkelanjutan sehingga pembangunan Kota Tidore harus kita dorong dan kita jaga sumber-sumber daya alam yang ada. Karena bisa saja rizki ini (sektor pariwisata) kedepan akan semakin menipis,” urai Menpora Amali menambahkan.

Menpora Amali berkeyakinan, Kota Tidore akan mampu melahirkan apertumbuhan baru di sektor pariwisata yang hingga saat ini masih banyak belum terkelola dengan maksimal.

“Saya berkeyakinan Tidore di masa yang akan datang akan tumbuh sektor-sektor pariwisatanya,” ucap Menpora Amali, pada acara yang mengusung tema, Tidore: Kota Warisan Dunia, Perekat Bangsa-Bangsa ini.

Sail Tidore 2022 merupakan Sail ke -12 yang memang temanya lebih diarahkan ke tema-tema yang mendorong percepatan pengembangan daerah khususnya untuk mengenalkan potensi-potensi daerah. 

Sail Tidore 2022 melibatkan personel TNI sebanyak 1.308 meliputi, Tim SBJ 212 Orang, Tim Kesehatan 190 Orang, Tim PPKM 182 Orang (Pramuka 132 orang dan Pendukung 50 Orang).

“Semoga akan banyak hikmah yang akan didapat dari pelaksanaan Sail Tidore 2022 yang manfaatnya akan dirasakan pemerintah dan masyarakat Tidore dan Maluku Utara pada umumnya,” tutur Menpora Amali.

“Apresiasi dan terima kasih saya kepada berbagai pihak, kementerian/lembaga tingkat pusat yang mensukseskan kegiatan ini. Terima kasih bapak Gubernur dan walikota serta jajaran pemerintahannya juga masyarakat Tidore,” pungkas Menpora Amali.(ben)