Jakarta, MasterNews – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali secara resmi membuka Kejuaraan Dunia Karate 2022 bertajuk “World Karate Federation (WKF) Series A Tahun 2022” di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Jumat 18/11) pagi. Kegiatan ini akan berlangsung pada tanggal 18-20 November 2022. 

“Dengan mengaharapkan rahmat dan ridho Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, dengan ucapan Bismillahirahmanirrahim saya membuka secara resmi Kejuraan Karate Internasional tahun 2022 di Jakarta Indonesia,” kata Menpora Amali. 

Dalam sambutannya, Menpora Amali mengungkapkan bahwa cabang olahraga karate merupakan salah satu cabang olahraga unggulan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yanh diharapkan dapat meraih prestasi di tingkat dunia. 

“Mudah-mudahan semangat karate ini akan menular kepada seluruh anak-anak muda kita agar bisa menyalurkan energi positifnya terhadap olahraga ini,” harapnya. 

Menpora Amali pun berpesan kepada seluruh atlet nasional yang ikut kegiatan dapat memanfaatkan momentum ini untuk menimba pengalaman dengan sebaik-baiknya dalam pertandingan single event internasional ini. 

“Dan mudah-mudahan juga bisa mempererat tali perdaudaraan sesama karateka di seluruh dunia,” ujarnya. 

Disamping itu, Menpora Amali berharap dengan adanya kegiatan yang dihadiri 65 negara ini dapat memberi dampak yang positif bagi pengembangan olahraga karate di Indonesia. 

“Mudah- mudahan kegiatan ini membawa dampak yang sangat baik dan luar biasa untuk pengembangan karate di tanah air,” harap Menpora Amali. 

Selanjutnya, Menpora Amali menyampaikan ucapan terimakasih kepada Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB Forki) dan World Karate Federation yang telah menyelenggarakan kegiatan ini di Indonesia. Dan juga mengucapkan selamat datang kepada para peserta dari berbagai negara. 

“Terimakasih atas kehadirannya. Kami dari pemerintah dan warga Indonesia mengucapkan selamat datang kepada Wakil Presiden Kareta Internasional, peserta yang datang dari berbagai negara. 

Selamat menikamati keindahan kota Jakarta, Ibu Kota indoenesia,” katanya. 

Sementara itu, Ketua Umum PB FORKI yang diwakili Sekjen Radja Sapta Ervian menyampaikan terimakasih kepada pemerintah, sponsor dan berbagai stakeholder yang telah mensukseskan kegiatan ini. 

“Kami mohon doa dari seluruh masyarakat. Mudah- mudahan kejuaraan kareta ini lancar, sukses dalam penyelenggaraan dan sukses dalam meraih prestasi,” harapnya. 

Hal senada juga disampaikan, Rashid Al Ali, selaku WKF Executive Committee Member dan AKF dan Vice President World Karate International Federation yang mengucapkan terimkasih dan kebanggaannya atas terselenggaranya kejuaraan dunia ini. 

“Saya berterimaksih kepada Menpora Indonesia, Ketua PB FORKI dan Sekretaris, ini pekerjaan yang luar biasa, dan saya sangat bangga,” katanya. 

Untuk diketahui, kegiatan ini diikuti 65 negara dengan total 670 peserta. WKF series A merupakan ajang pengumpulan poin yang ujungnya untuk ikut Olimpiade. Ada 19 kelas yang dipertandingkan dari nomor Kata dan Kumite.(ded)